Rabu, 09 November 2011

Kopi Dapat Mencegah Serangan Jantung

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling dinikmati banyak orang, yang tidak sekadar diteguk saja, namun juga dinikmati.Jika Anda mengetahui cara minum kopi yang baik dan bisa mengendalikan asupan kopi setiap harinya, minuman ini memang bisa memberikan dampak positif bagi tubuh.
Para peneliti dari University of Athens, Yunani, dalam studinya yang dipaparkan pada kongres The European Society of Cardiology di Stockholm, Swedia, menyebutkan manfaat minum kopi setiap hari dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah, yang pada akhirnya kopi dapat mencegah serangan jantung.
Studi tersebut didasarkan pada analisis dari 485 orang yang memiliki tekanan darah tinggi berusia 65-100 tahun. Mereka itu tinggal di Pulau Ikraina, Yunani, yang dikenal sebagai pulau ‘panjang umur’ karena 30 persen penduduknya berusia hingga 90 tahun.
Dr. Yvonne van der Schouw, profesor penyakit kronis di Pusat Kesehatan Universitas Utrecht Belanda juga mengungkapkan hasil sebuah studi yang digelar terhadap 37.514 orang selama 13 tahun untuk memantau penyakit jantung dan kematian.
Peneliti menemukan, mereka yang minum tiga-enam cangkir teh atau kopi, 45 persen lebih sedikit resikonya menderita masalah jantung dibandingkan mereka yang minum kopi atau teh kurang dari satu cangkir setiap hari.
Temuan yang  diterbitkan dalam Arteriosklerosis, Trombosis, dan Biologi Vaskular: Journal of American Heart Association itu juga mencatat, perilaku kesehatan antara peminum kopi dan teh berbeda.
Peminum kopi lebih rentan untuk merokok dan menjalani diet yang kurang sehat dibandingkan para pecinta teh. Beberapa penelitian sebelumnya menemukan bahwa teh dan kopi berkaitan dengan menurunnya risiko beberapa penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, stres bahkan jerawat.
Ellen Mason, Pakar di Pusat Rehabilitasi Jantung Inggris menambahkan, minum kopi dan teh disertai gaya hidup sehat adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tetap optimal. “Minum kopi sambil merokok akan membatalkan manfaat positif. Begitu juga jika tidak berolahraga dan bergerak secara teratur,” katanya seperti dimuat dalam Telegraph. (kd)
Selama ini sejumlah penelitian tentang pengaruh minum kopi terhadap kesehatan jantung memiliki bukti yang saling berlawanan. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan minum kopi dapat memperparah tekanan darah tinggi. Hasil studi yang beragam ini diakui Dr. Christina Chrysohoou, yang memimpin penelitian terbaru ini.
“Namun minum kopi sudah menjadi budaya bagi penduduk Yunani, jadi amat penting untuk mengetahui kehidupan warga di sana,” tuturnya.
Untuk studi teranyar ini, Dr. Chrysohoou bersama koleganya fokus mengamati kelenturan pembuluh darah di kalangan para peminum kopi. Dari para peserta studi, sekitar 56 persen termasuk dalam kategori peminum kopi sedang, yaitu mereka yang minum kopi 1-2 cangkir sehari.
Untuk kelompok peminum kopi kategori sedang ini mendapatkan manfaat positif dari kebiasaan mereka, karena mereka memiliki kesehatan pembuluh darah yang baik layaknya orang muda. Mereka memiliki arteri dengan tingkat kelenturan lebih baik dibandingkan dengan mereka yang sedikit minum kopi atau tidak minum kopi sama sekali.
Sebaliknya, mereka yang minum kopi berlebihan justru tidak mendapatkan manfaat. Dalam studi itu, terdapat 1 dari 10 orang yang minum kopi tiga cangkir atau lebih sehari, dan mereka memiliki tingkat elastisitas pembuluh darah terendah.
Menurut Dr. Chrysohoou, minum kopi sebaiknya tanpa gula atau ditambahkan susu, karena jika sudah ditambahkan gula atau susu maka manfaat kopi akan berkurang.
Namun, bukan berarti meminum lebih banyak kopi akan membantu. Orang yang minum kopi atau teh lebih dari enam cangkir memiliki risiko terkena jantung sebanyak 36 persen. Kopi dan teh memiliki kandungan antioksidan yang mampu merusak radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. untuk itu kami sarankan untuk mengkonsumsi obat penyakit jantung jelly gamat, selain dapat mencegah obat penyakit jantung ini sudah terbukti ampuh dalam penyembuhan penyakit jantung. Obat penyakit jantung ini terbuat dari teripang sehingga aman dikonsumsi tanpa efek samping, banyak orang yang telah membuktikannya, sekarang Silahkan anda buktikan sendiri obat penyakit jantung ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar