Selasa, 04 Juni 2013

Gejala, Penyebab dan Jenis Kanker Tenggorokan



Tumor ganas yang berkembang di tenggorokan (faring), kotak suara (laring) atau tonsil adalah yang sering disebut sebagai kanker tenggorokan. Pengertian tenggorokan adalah tabung berotot yang dimulai di belakang hidung dan berakhir di leher.

Bagian yang paling rentan terhadap kanker tenggorokan adalah kotak Suara berada tepat di bawah tenggorokan. Kotak suara yang terbuat dari tulang rawan dan mengandung pita suara yang bergetar dapat mengeluarkan suara saat bicara. Kanker tenggorokan juga dapat mempengaruhi bagian tulang rawan (epiglotis) yang bertindak sebagai tutup untuk tenggorokan.

Kanker tonsil, bentuk lain dari kanker tenggorokan, mempengaruhi amandel, yang terletak di bagian belakang tenggorokan. Hal yang dapat mengurangi risiko kanker tenggorokan adalah dengan tidak mengunyah tembakau, tidak merokok, oral seks dan membatasi konsumsi alkohol.

Gejala kanker tenggorokan

Tanda dan gejala kanker tenggorokan termasuk:

1. batuk
2. perubahan pada suara, seperti suara serak
3. kesulitan menelan
4. nyeri telinga
5. sebuah benjolan atau sakit yang tidak sembuh-sembuh
6. sakit tenggorokan
7. penurunan berat badan

Penyebab kanker tenggorokan

Kanker tenggorokan terjadi ketika sel di tenggorokan mengalami mutasi genetik. Mutasi ini menyebabkan sel tumbuh tak terkendali dan terus hidup setelah sel-sel sehat mati. Sel-sel yang terakumulasi kemudian dapat membentuk tumor di tenggorokan.

Jenis kanker tenggorokan

Kanker tenggorokan adalah istilah umum yang berlaku untuk kanker yang berkembang di tenggorokan (kanker faring) atau kotak suara (laring kanker).

1. Kanker nasofaring dimulai pada nasofaring - bagian tenggorokan di belakang hidung.
2. Kanker oropharyngeal dimulai di orofaring - bagian tenggorokan tepat di belakang mulut yang mencakup amandel.
3. Kanker hypopharyngeal (kanker laryngopharyngeal) dimulai di hipofaring (laryngopharynx) - bagian bawah tenggorokan, tepat di atas kerongkongan dan tenggorokan.
4. Kanker glotis dimulai pada pita suara.
5. Kanker supraglotis dimulai di bagian atas laring dan termasuk kanker yang mempengaruhi epiglotis, yang merupakan bagian dari tulang rawan yang menghalangi makanan dari masuk ke tenggorokan.
6. Kanker subglottic dimulai di bagian bawah kotak suara, di bawah pita suara.

Saat ini kanker tenggorokan adalah jenis kanker yang umum terjadi. Bahkan bintang film kawakan Hollywood Michael Douglas pun menderitanya.So waspadalah dengan penyakit ini dengan mengenalinya lebih dini.

via. merdeka.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar