Kamis, 10 Januari 2013

Puting Susu Gatal-gatal


payudara

Tanya:
Aku mau tanya, tiba-tiba puting payudara kanan aku rasanya perih dan setelah dilihat ternyata terluka cukup dalam, padahal aku merasa tidak pernah bermain-main dengan puting   payudara. Luka tersebut sudah kering, namun sekarang ganti, jadi sebelahnya yang perih juga terluka. Apa ini tanda-tanda ada penyakit atau cuma luka ringan saja? Mohon penjelasan dan sarannya.

Della



 
gambar kanker payudara2
Jawab:
Halo Della,

Sebelumnya saya ingin mengetahui dahulu apakah sekarang ini Anda sedang menyusui atau tidak, karena luka pada payudara juga bisa disebabkan cara menyusui yang tidak benar.

Tetapi jika anda tidak menyusui dan tidak ada trauma sebelumnya pada payudara, perlu diwaspadai risiko adanya tumor payudara.

Kanker payudara mempunyai gejala sebagai berikut:
- Luka di payudara yang tidak kunjung sembuh
- Adanya benjolan di payudara
- Perubahan kulit payudara seperti kulit jeruk
- Payudara terasa bengkak dan merah
- Bentuk puting yang berubah seperti masuk ke dalam serta mengeluarkan cairan baik berupa darah dan nanah.

Jika pada kasus anda terdapat gejala penyerta seperti yang saya sebutkan di atas, sebaiknya lakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter spesialis bedah.

Semoga membantu.








dr. Fresia Juwitasari
www.MeetDoctor.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar